Kampung Botol Raflesia Rawa Indah

Kampung Botol Raflesia Rawa Indah

Oleh UPPM Akkes Sapta Bakti

Lokasi :

Kampung Botol Raflesia Rawa Indah terletak di Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka di belakang Puskesmas Jalan Gedang, sebelah Timur berbatasan dengan RT.07 , sebelah Selatan berbatasan dengan Jalan Raya KM 7, sebelah Utara berbatasan dengan Lingkar Timur dan sebelah Barat berbatasan dengan RT 03.

Konsep :

Pembangunan Kampung Botol Raflesia Rawa Indah  untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan Perguruan Tinggi dalam ikut serta melakukan pembangunan di Kota Bengkulu. Mayoritas penduduk di Kampung Rawa Indah berprofesi sebagai pengumpul barang bekas berupa botol, kardus, ban, besi dan plastik bungkus makanan.

Di Kampung Rawa Indah tersedia lahan pemerintah yang bisa dijadikan taman berukuran + 30×20 m. Tersedia aula dan WC yang kurang terawat serta gudang penyimpanan barang bekas namun kondisinya kurang layak. Di Kampung Rawa Indah sering terjadi banjir sehingga merugikan warga dan mempengaruhi sanitasi lingkungan. Potensi di Kampung Rawa Indah adalah terdapat kelompok pengrajin pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas, berbagai macam barang bekas plastik diolah menjadi kerajinan tangan berupa tas.

Adapun gambaran desain Kampung Botol Raflesia Rawa Indah yaitu di bagian depan akan dibuat gapura Kampung Botol menggunakan bahan yang terbuat dari potongan botol yang di cat dan disusun rapi. Di bagian dinding jalan masuk gerbang dilukis dengan cerminan karakter kota bengkulu seperti bunga raflesia, view tower, biji kopi dll. Di bagian bawah dinding akan ditanami bunga Asoka, dan jalan masuk lanjutan gerbang akan dilukis gambar 3 dimensi. Desain utama yang terletak di lahan milik pemerintah berukiran + 30×20 m, dibuat ikon botol besar yang terbuat dari kumpulan botol yang disusun dan diberi lem beserta cat.  Akan dibuat pojok sehat dan pojok baca yang terbuat dari botol, ikon bunga raflesia besar, berbagai macam ornamen dari botol dan ban bekas, kemudian bagian dinding di taman kan ditempeli dengan tutup botol.