Kampung Rosela Berseri

Kampung Rosella Berseri

Oleh LPPM Stikes TMS

Lokasi :

Kampung Rosela Berseri terletak di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya di gang Setia 1 dan 2 di RT.6 RW.5.

Konsep :

Lokasi yang dipilih dalam desain Kampung Rosela Berseri merupakan area yang memiliki potensi alam yang bagus, pemukiman yang bersih, sehat dan asri. Karakteristik masyarakatnya mudah ditata dan lokasi berda di pusat perekonomian masyarakat. Terdapat UMKM yang belum dikelola dengan baik, posyandu dan rumah tunggu kelahiran yang masih perlu dikembangkan dan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang belum di budidayakan dan dipasarkan dengan baik.

Adapun desain Kampung Rosella Berseri yaitu di bagian depan gang Stia akan dibuat Gapura sebagai penanda Lokasi. Taman di sekitar lokasi yang belum tertata dengan baik akan dijadikan RTH (Ruang Terbuka Hijau). UMKM yang belum berkembang dengan baik dan belum ada papan namanya akan dibuatkan papan nama, serta LPPM akan melakukan pembinaan terhadap UMKM tersebut. Kebun TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang belum tertata dengan baik, jenis tanaman belum lengkap, belum di olah dan dipasarkan akan dilakukan penataan, penambahan jenis tanaman, perbanyakan penanaman tanaman Rosela, pembuatan papan nama, serta pihak LPPM akan memberikan pembinaan kepada masyarakat di lokasi tersebut tentang pengolahan tanaman Rosela menjadi berbagai macam olahan seperti teh rosela, selai rosela dan lain-lain. Karena di dinding rumah warga belum ada ventrikultur, maka akan dibuat ventrikultur. Dibagian jalan akan akan diberi gambar mural 3D dan penambahan tanaman. Di taman RTH (Ruang Terbuka Hijau) akan dibangun lesehan.