Kampung Wirausaha

Kampung Wirausaha

Oleh LPPM STIA

Lokasi :

Kampung wirausaha terletak di  terletak di Kelurahan Padang Kecamatan Singaran Pati tepatnya di jalan Tut Wuri Handayani  RT. 15, lokasinya tidak jauh dari Pasar Panorama.

Konsep :

Pembangunan Kampung Wirausaha adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui peningkatan potensi lokal. Potensi wilayah Kelurahan Padang Nangka cukup potensial karena tidak jauh dari Pasar Panorama. Sudah terdapat beberapa usahan rumahan seperti pembuatan kue kering dan kue khas Bengkulu. Selain itu terdapat pula rumah usaha kerajinan tangan berupa tas yang terbuat dari pernak pernik dan plastik bekas. Untuk saat ini pemasarannya hanya sebatas promosi melalui keluarga, teman dan orang-orang yang penah membeli.

Adapun gambaran desain yaitu akan dibangun outlet tempat penjualan hasil industri rumahan tersebut yang berupa macam-macam kue kering khas Bengkulu dan kerajinan tangan. Gapura akan dibangun untuk menandakan kawasan Kampung Wirausaha. Akan dilakukan pembenahan taman, disini maksunya adalah penataan kembali kebersihan dan keindahan lingkungan yang berada di lokasi Kampung Tematik, seperti penataan letak bunga-bunga yang ada di depan rumah warga, penempatan kotak sampah dan pemberian warna pada jalan/gang.